Minggu, 13 Desember 2009

Pengenalan open office break / modul 5

Dalam posting ini, saya akan membahas tentang open office base.

Basis data atau sekarang lebih nge-trend disebut data base adalah tempat dimana seluruh proses data berlangsung pada sistem.

Base adalah sebuah program yang akan membantu bekerja pada lingkungan basis data. Dengan fasilitas yang disediakan kita dapat dengan cepat dan mudah bekerja pada lingkungan basis data.

Pada Office Base, Base adalah lingkungan untuk bekerja dan menyimpan basis data . Ketika membuka Office Base, maka akan tampil sebuah jendela desain wizzard untuk basis data baru yang terdiri dari beberapa sub menu. Sebuah wizzard memiliki banyak desain yang digunakan untuk menyusun berbagai macam jenis informasi yang berhubungan pada satu file basis data.

Komponen² yang menyusun suatu basis data adalah sebagai berikut :

a. Tabel
Adalah tempat penyimpanan data yang terbentuk dari kumpulan field yang
dibuat sesuai kebutuhan rekaman (record) berupa baris-baris data

b. Field
Field adalah tempat yang disediakan untuk record basis data. Field itu didefinisikan terlebih dahulu struktur datanya menggunakan data definition language dan data structure language.

c. Record
Record adalah data yang disimpan pada file basis data. Kumpulan record membentuk tabel basis data. Tabel merupakan kumpulan record yang disimpan pada suatu file basis data.


d. Obyek Tambahan

Di antaranya terdiri dari query, form, report dan obyek lain sesuai kebutuhan.


Awal untuk membuat data base dalam open office base :


1. Pilih select database
2. Create a new data base, klik next
3. Pilih opsi yes
4. Pilih register the database for me
5. Open the database for editing
6. Finish



1.TABEL


Ada beberapa pilihan untuk membuat tabel, bisa dilihat dimari :

a. Desing view


b. Wizard


Dan hasil dari pengerjaan tabel diatas adalah............. eng, ing eng,,,,!!!



c. Create view


2. QUERY


Dalam pembuatan Query, ada beberapa pilihan :
a. DEsign View

b. Wizard
3. FORM
Pembuatan FORM juga ada beberapa pilihan, diantaranya dimari :
a) Design view
b) Wizard
4. REPORTS

Dalam pembuatan REPORTS, juga dapat mengginakan wizard, yang hasilnya bisa dilihat dimari :

sekian hasil posting dari saya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar